Cara Meningkatkan Kinerja PC Di Windows 10

Cara Meningkatkan Kinerja PC Di Windows 10

Kinerja Windows 10 mencerminkan sejauh mana sistem operasi komputer Anda berjalan dengan lancar dan efisien. Windows 10 adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Data terakhir menunjukkan jika sistem Operasi Windows digunakan 400 juta perangkat aktif. Walaupun demikian, kadang-kadang kinerja Windows 10 dapat terpengaruh oleh sejumlah faktor, termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan upaya pemeliharaan yang benar.

13 Cara Meningkatkan Kinerja PC di Windows 10

Meningkatkan kinerja PC di Windows 10 dapat membantu memastikan bahwa komputer Anda berjalan dengan lancar dan efisien. Sehingga nantinya anda dapat bekerja dengan optimal. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja Windows 10:

Hapus Program Tidak Diperlukan

Hapus atau nonaktifkan program dan aplikasi yang tidak diperlukan atau jarang digunakan. Anda dapat melakukannya melalui “Control Panel” > “Programs” > “Uninstall a program”.

Disk Cleanup

Secara teratur hapus file sementara, file sampah, dan file sistem yang tidak perlu dengan fitur “Disk Cleanup” untuk. Anda bisa menemukan fitur ini dengan mencarinya di menu Start atau

Defragmentasi Hard Drive

Gunakan alat “Defragment and Optimize Drives” untuk mengoptimalkan pengaturan file di hard drive Anda. Ini bisa membantu meningkatkan kecepatan baca/tulis data.

Aktifkan Storage Sense

Aktifkan opsi “Storage Sense” di Settings > System > Storage. Ini akan membantu mengelola penggunaan disk dan menghapus file yang tidak diperlukan secara otomatis.

Perbarui Driver Perangkat Keras

Pastikan driver perangkat keras Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Driver yang kadaluwarsa atau tidak cocok dapat mempengaruhi kinerja sistem.

Atur Visual Effects

Klik kanan pada “This PC” > “Properties” > “Advanced system settings” > “Settings” di bawah “Performance“. Pilih “Adjust for best performance” atau atur efek visual sesuai preferensi Anda.

Kurangi Startup Programs

Hapus atau nonaktifkan program-program yang secara otomatis berjalan saat komputer dinyalakan. Anda bisa mengelola ini melalui Task Manager (Ctrl+Shift+Esc) > “Startup” tab.

Tingkatkan RAM

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak RAM ke komputer Anda. RAM yang lebih besar akan membantu sistem berjalan lebih lancar.

Scan Malware dan Virus

Selalu pastikan komputer Anda bebas dari malware dan virus dengan menjalankan perangkat lunak antivirus yang terbaru.

Perbarui Windows

Pastikan Windows 10 Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Microsoft secara teratur merilis pembaruan keamanan dan kinerja.

Optimalkan Virtual Memory

Anda dapat mengoptimalkan penggunaan virtual memory (file swap) dengan mengatur ukurannya secara manual. Buka “System” di “Control Panel,” klik “Advanced system settings,” pilih “Settings” di bawah “Performance,” dan pilih “Advanced” tab. Di bawah “Virtual memory,” klik “Change” untuk menyesuaikan pengaturannya.

Upgrade Hardware

Jika kinerja komputer Anda tetap lambat, pertimbangkan untuk meng-upgrade hardware seperti hard drive menjadi SSD, kartu grafis, atau prosesor.

Gunakan Mode Performa Tinggi

Aktifkan mode “High Performance” di “Power & sleep settings” jika Anda tidak terlalu khawatir tentang penggunaan daya baterai jika menggunakan laptop.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan kinerja PC Anda di Windows 10, menjadikannya lebih responsif, dan memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih nyaman. Selalu ingat bahwa pemeliharaan dan pembaruan berkala adalah kunci untuk menjaga kinerja komputer Anda dalam kondisi terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *