Mendekati batas waktu pendaftaran SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), siswa yang berminat perlu segera membuat akun SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru).

Adapun pendaftaran akun SNPMB akan ditutup pada 15 Februari 2024 mendatang, sehingga para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) diharapkan untuk segera mengambil langkah tersebut. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci cara membuat akun SNPMB untuk mendaftar SNBP dan SNBT 2024.

Cara Membuat Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024

  1. Kunjungi Situs Resmi SNPMB
    Pertama, akses laman resmi SNPMB melalui tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.
  2. Registrasi Akun: Pada halaman utama, klik opsi “Daftar” untuk memulai proses registrasi akun baru.
  3. Pilih Jenis Registrasi
    Setelah mengklik “Daftar”, Anda akan diberikan dua pilihan, yaitu “Siswa” dan “Sekolah”. Jika Anda adalah siswa yang ingin mendaftar secara individu, pilih opsi “Siswa”.
  4. Isi Data yang Diminta
    Masukkan data yang diminta oleh sistem untuk mendaftar akun SNPMB. Jika Anda mendaftar sebagai siswa, Anda perlu memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir Anda.
  5. Klik Selanjutnya
    Setelah mengisi data dengan benar, lanjutkan dengan mengklik tombol “Selanjutnya”.
  6. Aktivasi Akun
    Masukkan alamat email aktif dan password yang ingin Anda gunakan untuk akun SNPMB. Jangan lupa untuk mencentang kotak persetujuan, lalu klik “Submit” untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Selanjutnya, lakukan aktivasi akun dengan membuka email yang Anda daftarkan dan mengklik tautan verifikasi yang dikirimkan oleh sistem.
  7. Login Akun
    Setelah berhasil mengaktifkan akun, Anda dapat kembali ke laman SNPMB dan klik “Masuk”. Masukkan email dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya untuk login ke akun Anda.
  8. Verifikasi dan Validasi Data
    Jangan lupa untuk melakukan tahap verifikasi dan validasi data setelah membuat akun SNPMB. Pastikan Anda membaca dan memahami pernyataan disclaimer yang disertakan, yang menyatakan bahwa data yang diisikan benar dan Anda bersedia menerima konsekuensi jika data yang diisikan tidak akurat. Klik “Simpan Permanen” untuk menyimpan data secara definitif.
  9. Unduh Bukti Permanen
    Setelah melakukan Simpan Permanen, Anda tidak akan bisa mengubah data lagi. Pastikan untuk mengunduh bukti permanen dengan mengklik tombol merah. Simpan bukti permanen data di tempat yang aman untuk referensi Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang memiliki akun SNPMB yang siap digunakan untuk mendaftar SNBP 2024 atau SNBT 2024. Manfaatkan waktu yang tersisa sebelum penutupan pendaftaran pada 15 Februari 2024 untuk segera membuat akun SNPMB dan menyelesaikan proses pendaftaran Anda. Jangan ragu untuk menghubungi pihak berwenang jika Anda mengalami kendala atau pertanyaan selama proses pendaftaran. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *