Mahfud md resmi mundur dari jabatan menteri

Pada hari Rabu, 31 Januari 2024, Mahfud MD, calon wakil presiden nomor urut 3 mendampingi Ganjar Pranowo, memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Indonesia Maju. Pengumuman tersebut disampaikan di kawasan Danau Tirta Gangga, Seputih Banyak, Lampung Tengah, sebagai langkah etis menjelang pencalonan sebagai calon wakil presiden.

Langkah Etis Mahfud MD

Dalam langkah etisnya ini, Mahfud MD sebelumnya telah menyatakan rencananya untuk mundur dan berpamitan secara baik-baik kepada Presiden Joko Widodo. Dalam pernyataannya, Mahfud menekankan pentingnya menjaga etika dan memberikan penghormatan kepada Presiden yang telah memberinya kepercayaan sejak diangkat pada Oktober 2019 sebagai Menko Polhukam.

“Keputusan ini merupakan bagian dari etika yang harus dijaga, mengingat dia saat ini mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo,” ujar Mahfud MD.

Karaniya Dharmasaputra, Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, memastikan bahwa Mahfud MD akan segera bertemu dengan Presiden Joko Widodo setelah pengunduran dirinya dari Kabinet. Pertemuan tersebut dijadwalkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

“Waktunya sedang diatur bersama Mensesneg Pak Pratikno, dan mudah-mudahan Prof Mahfud akan segera bisa bertemu Presiden Jokowi dalam waktu dekat,” kata Karaniya dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara, Jakarta Pusat.

Meskipun Mahfud MD telah mundur, Presiden Joko Widodo meyakinkan bahwa pemerintahan akan tetap berjalan dengan solid hingga akhir periode pada Oktober 2024 mendatang. Presiden menegaskan keyakinannya bahwa kabinet akan tetap solid meskipun salah satu Menterinya telah mengundurkan diri.

Gaji Mahfud MD Sebagai Menteri

Gaji Mahfud MD, seperti diatur oleh Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2000, mencapai gaji pokok sebesar Rp5.040.000 per bulan. Selain itu, para Menteri juga menerima tunjangan jabatan yang diatur oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 68 Tahun 2001, yang mencapai Rp13.608.000.

Dengan demikian, total pendapatan Menteri Negara, termasuk Mahfud MD, mencapai sekitar Rp18.648.000. Meskipun Mahfud MD melepaskan pendapatannya karena pengunduran dirinya, langkah ini memberikan kesan bahwa integritas dan komitmen etis tetap menjadi prioritasnya dalam berkarier di panggung politik Indonesia.

0 thoughts on “Mahfud MD Resmi Mundur dari Kabinet Jokowi: Ini Gaji Yang Didapat Tiap Bulannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *