Cara Mengaktifkan Universal Gestures Di Samsung Galaxy Watch

Cara Mengaktifkan Universal Gestures Di Samsung Galaxy Watch

Pembaruan perangkat lunak One UI Watch 5 membawa sejumlah fitur baru yang memperkaya pengalaman pengguna jam tangan pintar Samsung Galaxy. Salah satu penambahan yang menonjol adalah kontrol aksesibilitas yang dikenal sebagai Universal Gestures (Gerakan Universal). Dalam panduan ini, kita akan membahas cara mengaktifkan dan menggunakan berbagai gerakan ini.

Apa Itu Gerakan Universal dan Mengapa Anda Harus Menggunakannya?

Walaupun Apple Watch Series 9 dan Watch Ultra 2 baru-baru ini memperkenalkan fitur Ketuk Dua Kali, jam tangan pintar Samsung telah lama menjadi pelopor kontrol gerakan. Pembaruan One UI Watch 5 meningkatkan fitur ini, sekarang dikenal sebagai Gerakan Universal. Fitur ini tetap berada di bawah kategori aksesibilitas, menggunakan sensor bawaan pada jam tangan untuk mendeteksi gerakan pergelangan tangan, tangan, dan jari, mengurangi ketergantungan pada sentuhan layar. Ini sangat berguna jika tangan Anda sedang sibuk.

Alternatifnya, ada kontrol suara, namun, perintah suara lebih cocok untuk input ucapan-ke-teks atau menjalankan tugas tertentu. Jadi, Gerakan Universal dapat menjadi opsi yang lebih nyaman terutama dalam situasi di mana layar sentuh sulit diakses.

Cara Mengaktifkan Gerakan Universal di Samsung Galaxy Watch

Ada dua metode untuk mengaktifkan Gerakan Universal di jam tangan pintar Samsung Galaxy yang mendukung. Kedua metode ini melibatkan tindakan khusus, seperti menggoyangkan pergelangan tangan saat jam terkunci atau tidak terkunci.

Melalui Samsung Galaxy Watch:

  1. Buka kunci Samsung Galaxy Watch Anda.
  2. Buka Pengaturan dan pilih Aksesibilitas.
  3. Cari dan pilih Interaksi dan Ketangkasan.
  4. Pilih Gerakan Universal, yang biasanya dinonaktifkan secara default.
  5. Aktifkan untuk mengaktifkannya.

Melalui Aplikasi Galaxy Wearable di Smartphone:

  1. Buka aplikasi Galaxy Wearable di ponsel Anda.
  2. Pilih Pengaturan Jam Tangan dan Aksesibilitas.
  3. Pilih Interaksi dan Ketangkasan dari menu.
  4. Pilih Gerakan Universal dan aktifkan.

Gerakan Universal: Cara Menggunakannya

Setelah mengaktifkan Gerakan Universal, Anda akan diberikan opsi untuk mempelajari cara menggunakannya. Anda dapat mengaktifkannya dengan pintasan aktivasi yang dipilih atau secara default dengan menjabat tangan Anda.

Kontrol berbasis gerakan ini dapat digunakan untuk menggulir menu aplikasi atau di dalam aplikasi yang mendukung. Saat menggunakan Gerakan Universal, pilihan saat ini ditandai dengan penyorot disebut indikator fokus di sekitar item menu, ikon, atau tombol virtual. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan kursor.

Berbagai Gerakan dan Fungsinya

Berikut adalah beberapa gerakan dan fungsi presetnya:

  1. Cubit atau Ketuk Telunjuk dan Ibu Jari
    • Pindah ke item menu atau ikon berikutnya dalam tampilan menu atau aplikasi yang didukung.
  2. Cubit Dua Kali atau Ketuk Telunjuk dan Ibu Jari Dua Kali
    • Kembali ke item atau ikon sebelumnya.
  3. Menjepit atau Menutup Jarum Jam
    • Mengonfirmasi atau memilih item atau tombol yang disorot.
  4. Mencengkeram atau Menutup Jarum Jam Dua Kali
    • Membuka pintasan “Menu Tindakan” di Gerakan Universal, navigasikan melalui gerakan mencubit.

Menyesuaikan Menu Tindakan dan Gerakan Universal

Dengan menu Tindakan, Anda memiliki pintasan dan kontrol tambahan, termasuk mengakses panel cepat, laci aplikasi, dan mengambil tangkapan layar. Pintasan dengan menu Tindakan dapat disesuaikan dan dipertukarkan sesuai kebutuhan Anda.

Dalam Gerakan Universal, Anda dapat menetapkan fungsi atau pemicu berbeda pada setiap gerakan, mengubah warna penyorot, dan menyesuaikan sensitivitas serta kecepatan pemindaian. Dengan berbagai opsi ini, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman pengguna Anda sesuai preferensi pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *