Presiden jokowi

Pada Jumat (26/01/2024), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa aturan terkait kampanye politik telah diatur secara tegas dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pernyataan ini muncul sebagai respons terhadap polemik yang berkembang terkait hak presiden dan wakil presiden untuk melaksanakan kampanye.

Dalam keterangan resminya di Istana Kepresidenan Bogor, Jokowi menyoroti Pasal 299 dalam UU tersebut yang dengan jelas menyatakan bahwa presiden dan wakil presiden memiliki hak untuk melakukan kampanye. Ditegaskan oleh Presiden, hal ini seharusnya menjadi pedoman utama dalam membahas kegiatan kampanye yang dilakukan oleh pejabat tertinggi negara.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyinggung Pasal 281 UU Nomor 7 Tahun 2017 yang mengatur ketentuan-ketentuan khusus terkait kampanye presiden dan wakil presiden. Salah satu poin yang diungkapkan oleh Presiden adalah larangan penggunaan fasilitas dalam jabatan, kecuali fasilitas pengamanan, dan keharusan mengambil cuti di luar tanggungan negara selama kampanye berlangsung.

Meski Jokowi memberikan klarifikasi mengenai aturan yang mengatur kampanye, beliau juga menyampaikan peringatan agar masyarakat dan pihak terkait tidak membuat interpretasi yang keliru terhadap pernyataannya. Presiden menekankan bahwa apa yang beliau sampaikan hanyalah menjelaskan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada sebagai tanggapan atas pertanyaan yang diajukan.

“Sudah jelas semuanya, sekali lagi, jangan diartikan secara berlebihan. Jangan disimpulkan dengan cara yang salah. Saya hanya menyampaikan ketentuan yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan karena adanya pertanyaan,” ujar Jokowi.

Pernyataan tersebut diharapkan dapat meredakan polemik yang berkembang terkait kampanye presiden dan wakil presiden, sambil menegaskan kembali pentingnya mematuhi ketentuan yang telah diatur oleh Undang-Undang Pemilihan Umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *